Sabtu, 19 September 2020

Perjalananku Menuju PembaTIK Level 4

 Perjalananku Menuju PembaTIK Level 4


Perjalanan panjang di PembaTIK 2020

Apa itu PembaTIK?

PembaTIK singkatan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). Untuk lebih lengkapnya semua ada di simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Awal ikut kegiatan pembaTIK sebenarnya hanya untuk coba-coba alias iseng semata tapi tak disangka bimtek daring level 1 literasi TIK yang dilaksanakan dari tanggal 20 maret -21 april 2019 berhasil lolos. Rencana lanjut ke level 2 gagal karena terlalu banyaknya kegiatan di sekolah waktu itu.

Awal tahun tepatnya sekitar bulan maret, Indonesia mengalami pandemi covid 19 yang mengharuskan semua kegiatan dilakukan dari rumah. Belajar dari rumah, beribadah dari rumah, bekerja dari rumah. Mulai bingung harus mengerjakan apa di rumah, kemudian iseng-iseng lagi cek akun simpatik karena memang sebelumnya pernah mengikuti pembaTIK level 1. Tujuan awal hanya ingin produktif di tengah pandemi, mendapat sertifikat dengan skala nasional melalui pelatihan daring. Hal yang paling mudah dilakukan, ilmunya dapat sertifikat adalah bonusnya. Yang jelas harus ada sesuatu yang dihasilkan selama WFH. Akhirnya mendaftarlah di bimtek daring level 2 (implementasi TIK) gelombang 4 yang pelaksanaannya dari tanggal 7-21 mei 2020, 

Adapun materi pelatihannya adalah sebagai berikut :

  • Penerapan Pembelajaran Abad 21 memanfaatkan Rumah Belajar
  • Penerapan pembelajaran menggunakan fitur-fitur rumah belajar
  • Penerapan pembelajaran menggunakan media TV Edukasi, radio suara edukasi, dan m –edukasi
  • Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Belajar

Materi dibagi menjadi 4 modul yaitu modul 5, modul 6, modul 7 dan modul 8 lanjutan dari modul di pembaTIK level 1. Awalnya ragu karena tugas yang harus diselesaikan adalah membuat vlog. Harus tampil depan kamera, merasa gak mampu, malu, harus edit-edit video padahal tidak punya kemampuan editing. Bermacam kendala ada di pikiran tapi astungkara tugas bisa selesai dengan nilai yang tidak mengecewakan untuk ukuran pemula yang alergi di depan kamera, insecure dengan semuanya. 

Setelah level 2 kembali ragu untuk melanjutkan di level 3 karena pasti tugasnya tambah susah. Tapi daripada diam tanpa hasil lagi dan saat itu liburan sekolah jadi lanjut daftar bimtek daring level 3 (kreasi TIK) gelombang 3 yang dilaksanakan dari tanggal 15 juni hingga berakhir tanggal 1 juli 2020. '

Materi pelatihan nya berupa

  • Media Pembelajaran Berteknologi Digital, 
  • Pembuatan Media Video Pembelajaran 
  • Pembuatan multimedia/ multimedia interaktif 
  • Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK. 

Semua modul ada 4 yaitu modul 9 hingga modul 13. Untuk tugasnya diberikan pilihan membuat Konten Pembelajaran berupa Media Video Pembelajaran atau Multimedia Interaktif dengan syarat konten yang dikembangkan mengacu pada standar konten Rumah Belajar.

Di level 3 yang saya pilih adalah MPI (Media Pembelajaran Interaktif). Sengaja pilih MPI karena merupakan sesuatu baru dengan aplikasi yang baru juga. Articulate Storyline 3 asing banget, apa yang harus dibuat pertama, sudah bingung saja di awalnya. Mau nanya siapa, akhirnya berselancar di youtube mencari jawabannya. Dari pasang aplikasi yang gagal terus karena laptop tidak kompatibel, mencari versi trial sampe crack semua dicoba untuk bisa belajar tentang AS3 di laptop sendiri. Semua serba sendiri hanya modal modul dari pembaTIK dan youtube saja. Tapi semua berbuah manis, semua usaha yg dijalani akhirnya menghasilkan. Bimtek daring level 3 lulus dengan nilai yang lumayan kembali untuk ukuran guru dengan kemampuan pas-pasan. 

2 sertifikat sudah pasti diperoleh di tahun ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nilai 1. Lega rasanya tinggal lanjut mulai memberi pembelajaran ke anak-anak peserta didik saja. Membuat materi dalam bentuk video pembelajaran dengan menggunakan ilmu yg diperoleh dari pembaTIK, periksa tugas siswa dan rekap absen, bertemu dengan anak-anak di Google Meet, dan terus seperti itu sambil mengerjakan pekerjaan di bagian kurikulum.

Tapi ternyata saya mendapatkan rejeki tambahan untuk mengikuti bimtek daring level 4 menggantikan seorang peserta yg mengundurkan diri. Akhirnya kegiatan menjadi berlipat-lipat. Tugas level 4 tambah kompleks lagi, dari awal sebelum mulai pelatihan atau disebut Pra Pembelajaran kami diwajibkan untuk mengirimkan daftar riwayat hidup  atau CV  dalam format video / multimedia / infografis dilengkapi pula dengan informasi penghargaan dan prestasi tingkat nasional yang dimiliki. Portofolio (hasil karya) berupa video, produk multimedia atau bentuk lainnya dan terakhir mengirimkan esai atau tulisan motivasi menjadi Duta Rumah Belajar. Kelas daring dilakukan selama 1 bulan yg terdiri dari kuliah umum yg sudah dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 14 - 18 September 2020. Dilanjutkan kegiatan coaching terkait modul dan terakhir adalah seleksi Duta Rumah Belajar. Dimana akan diambil 5 peserta terbaik masing-masing provinsi lalu akan ada sesi wawancara dan pleno. Untuk tugas akhir pserta pembatik level 4 adalah membuat vlog, blog dan kegiatan tatap maya atau tatap muka jika memungkinkan. Dalam tatap maya atau tatap muka ini, materi yang disampaikan terkait inovasi pembelajaran atau implementasi mata pelajaran menggunakan Rumah Belajar. Di awal kegiatan pembukaan level 4 peserta pada semangat dan bergembira tetapi setelah  melihat dan mendengar tugas tugas level 4 akhirnya ekspresi para peserta mulai berubah. Tugas yang benar-benar kompleks tetapi harus tetap dijalani. Semangat untuk kita semua. Semangat sampai di hari terakhir nanti.

Merdeka belaajarnya. Rumah belajar portalnya. Indonesia maju

Untuk lebih jelasnya tentang tugas pembaTIK Level 4 bisa disimak pemaparannya dalam video berikut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi dan Numerasi

Hallo sahabat, kali ini saya mau berbagi tenatng kegiatan bimntek yang saya ikuti di guru belajar dan berbagi seri literasi dan numerasi