Sabtu, 30 Oktober 2021

Perjalanan PembaTIK 2021

Hallo sahabat semua, berjumpa lagi disini ya dengan saya si penulis blog ngasal ini. Kali ini saya akan berbagi cerita pembaTIK lagi nih. Masih ingat tidak sahabat sama pembaTIK? PembaTIK bukan kegiatan membuat batik ya. PembaTIK adalah singkatan pembelajaran berbasis TIK yang merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru dari Kemendikbud melalui Pusdatin. 


Sama seperti tahun sebelumnya, tahun 2021 Kemdikbud dalam hal ini Pusdatin menyelenggarakan kembali kegiatan pembatik yang diawali dengan pembatik level 1 literasi. Meskipun tahun lalu saya sudah sampai masuk level 4 tapi di tahun ini saya mengulang kembali semua dari awal yaitu dari level 1. Materi yang dipelajari terdiri dari 4 modul. Modul 1 membahas tentang merdeka belajar bersama rumah belajar. Modul 2 mengoperasikan perangkat TIK  (Gawai berbasis android) untuk pembelajaran. Modul 3 membahas tentang tools untuk pembelajaran kolaborasi serta modul 4 tentang pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran. Level literasi bisa saya lalui dengan baik dan akhirnya melaju ke pembatik level 2

Di pembatik level 2 yang diselenggarakan dari tanggal 25 mei - 8 juni 2021. Tugas akhir di level implementasi selain harus menjawab tes, kami juga diwajibkan untuk membuat sebuah video pembelajaran dengan durasi waktu paling lama adalah 7 menit. Dan level 2 ini pun terlewati. Video pembelajarannya bisa dilihat disini
Di tahun ini sistem untuk masuk ke level berikutnya otomatis sesuai dengan gelombang sebelumnya. Jika di level 2 saya masuk di gelombang 13 maka di level 3 ini pun kami berada di gelombang 13. Untuk pembaTIK level 3 yang diselenggarakan dari tanggal 7 - 23 September 2021 kami diminta untuk berkreasi dalam membuat media pembelajaran interaktif interaktif dengan menggunakan aplikasi SAC (Smart App Creator). Dengan pertimbangan waktu yang singkat untuk mempelajari aplikasi baru maka saya beralih menggunakan aplikasi yang memang sudah saya kuasai sebelumnya. Dan memang aplikasi yang digunakanpun diperbolehkan untuk digunakan. Jadilah saya memakai Articulate Storyline 3 untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan materi transformasi geometri untuk kelas 9 SMP. Teman-teman yang mau mengunduh MPI ini bisa klik disini

Dengan pengalaman membuat MPI di tahun sebelumnya akhirnya tugas level 3 saya selesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Awalnya sempat pesimis untuk bisa masuk ke level selanjutnya karena MPI yang saya buat tidak bisa diunggah di Rumah Belajar tapi nasib berkata lain. Akhirnya sampailah saya di pembaTIK level 4 ini bertemu dengan 29 teman-teman baru. Teman-teman Sahabat Rumah Belajar yang siap untuk diajak berbagi dan berkolaborasi bersama.

Terimakasih untuk semua kesempatannya yang diberikan. Hasil tidak akan menghianati usaha. Mengikuti kegiatan pembaTIK awalnya hanya untuk mendapatkan sertifikat untuk pengembangan diri yang berujung pada kenaikan pangkat ternyata menjadi suatu yang dirindukan setiap tahunnya. Meskipun tidak pernah bisa sampai puncak tapi mendapat pengalaman baru menjadi sesuatu yang sangat penting. Belajar memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, pengalaman bertemu guru-guru hebat yang sefrekuensi menjadi semangat untuk terus memperbaiki cara mengajar di kelas. Mencari hal-hal baru, inovasi baru untuk bisa meningkatkan cara mengajar sehingga siswa menjadi lebih menyenangi mata pelajaran yang saya ampu. 

Akhir kata, saya mengajak teman-teman yang membaca tulisan saya untuk terus meningkatkan kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang nantinya akan berdampak untuk siswa kita sendiri. Mari keluar dari zona nyaman yang membuat kita menjadi seseorang yang tak mau belajar. Karena sejatinya belajar adalah sepanjang hayat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi dan Numerasi

Hallo sahabat, kali ini saya mau berbagi tenatng kegiatan bimntek yang saya ikuti di guru belajar dan berbagi seri literasi dan numerasi