Rabu, 09 Juni 2021

Semua Jadi Aman dan Mudah Dengan Google Drive


    Saat awal pandemi sebelum mengenal akun belajar.id, saya membagikan materi, menjelaskan sampai mengumpulkan tugas-tugas siswa melalui WA Grup. Bisa dibayangkan saat itu saya mengajar 5 kelas, saya harus berinteraksi dengan 150an siswa. Tugas-tugas siswapun semua dikirimkan melalui WA. Baik itu tugas dalam bentuk foto maupun video. Seketika HP saya yang memiliki kapasitas penyimpanan besarpun menjadi hang dan error. 

    Chat di WA selalu penuh, buka aplikasi di HP menjadi berat dan lemot karena banyak file yang tersimpan di memori hp. Galeri foto penuh dengan tugas-tugas siswa, tidak rapi dan susah untuk dinilai. Tugas siswa tidak tersusun dengan rapi mengakibatkan saya sebagai malas memeriksa dan saat akhir penilaian siswa hanya diberikan nilai sekedarnya saja tidak sesuai dengan kemampuan masing-masing anak.

    Tapi setelah mengenal Google Workspace for Education (Akun belajar.id) semua menjadi berubah. Google Workspace for Education menyediakan fitur Google Drive dengan kapasitas tak terbatas yang bisa digunakan untuk menyimpan tugas-tugas siswa baik yang berupa foto maupun video. Tugas-tugas yang dikirimkan melalui google classroom akan tersimpan rapi di folder classroom di drive sehingga mudah untuk dicari saat diperlukan sebagai bukti pembelajaran.

Jika sudah memiliki akun belajar.id, berikut langkah-langkah menyimpan file di Google Drive

  1. Buka drive.google.com 

  2. Masuk dengan akun belajar.id dan password Anda.

  3. Klik tombol baru/new untuk upload file/folder Anda.

  4. File akan tersimpan otomatis di Google Drive Anda yang bebas virus dan dapat diakses di hp Anda jika Anda mengaktifkan akun belajar.id Anda di handphone


Ini video tutorialnya ya




    Ini dia tampilan google drive dari akun belajar.id yang memiliki kapasitas tak terbatas. Semua folder tersusun rapi, mencari tugas siswa kembali menjadi lebih mudah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi dan Numerasi

Hallo sahabat, kali ini saya mau berbagi tenatng kegiatan bimntek yang saya ikuti di guru belajar dan berbagi seri literasi dan numerasi