Selasa, 13 Oktober 2020

Jus Tomat untuk Kesehatan

Hai sahabat Intips, adakah yang suka nyemilin tomat? Buah tomat biasanya dijadikan sebagai pelengkap nasi goreng maupun sambal. Selain mudah didapat dan harganya murah, tomat juga memiliki segudang manfaat. 

Jika gak suka makan buah tomat langsung, kalian bisa mencoba menjadikannya jus tapi tetap tanpa gula ya, gula bisa diganti dengan madu lho jadi jus yang dibuat tetap sehat. Jus yang berisi gula malah berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi tiap hari. Jadi sebaiknya buatlah jus tomat tawar saja. Jus tomat juga bisa dicampur dengan buah lainnya seperti apel atau sayuran jika kamu suka ya. Kalau kamu gak suka sayur jangan dipaksa 😁

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Food Science and Nutrition mengatakan kalau tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkait jantung.

Jus tomat mengandung beberapa sifat gizi yang unik yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jus tomat kaya akan serat dan senyawa yang disebut niacin yang membantu mengurangi kolesterol jahat.

Jus tomat mengandung antioksidan seperti betakaroten, fitonutrien dan likopen yang mencegah terjadinya masalah pada jantung. 

Resep jus tomat mix yang sehat tapi enak

  • 3 buah tomat ukuran sedang, dipotong-potong
  • 1 buah apel manalagi ukuran sedang
  • 2 sendok makan madu
  • air secukupnya

Cara membuat

Campur tomat yang telah dipotong-potong, apel manalagi dan air lalu blender sampai halus. Tuangkan ke dalam gelas dan diisi madu. Resep ini untuk 2 porsi ya.

Mimin sudah mebuktikan dan merasakan manfaatnya, yang biasanyaa langganan sariawan tapi setelah rutin minum jus tomat murni ataupun dicampur dengan bahan lainnya sekarang sudah tidak pernah sariawan lagi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi dan Numerasi

Hallo sahabat, kali ini saya mau berbagi tenatng kegiatan bimntek yang saya ikuti di guru belajar dan berbagi seri literasi dan numerasi